Cara membuat wifi hotspot di android

Bagi anda pengguna android maka banyak sekali fitur yang ada di android yang bisa kita gunakan yang berguna untuk berselancar di dunia maya. Salah satu fitur yang berfungsi di android adalah WiFi hotspot yang mana hp android kita bisa menjadi solusi jika kita tak punya modem untuk mengakses internet lewat PC. Selain buat PC, tentu saja bisa digunakan perangkat lain seperti hp android lain atau hal lain nya. Mungkin sudah banyak yang tahu cara membuat wifi hotspot di android
tapi barangkali ada yang belum tahu. Bagi yang sudah tahu silahkan lewatkan artikel ini tapi bagi yang belum tahu silahkan baca cara membuat hp android menjadi WiFi hotspot.

Untuk membuat WiFi hotspot di android cukup mudah kok. Berikut cara menjadikan hp android sebagai wifi hotspot. 

  • Pertama pastikan hp android anda sudah memakai OS 2.3 gingerbread keatas karena fitur itu hanya untuk OS 2.3 gingerbread keatas. Tapi aku rasa tidak masalah karena hp android yang sekarang beredar minimal sudah memakai OS 4.4 Kitkat bahkan sudah OS 5.1 Lollipop. 
  • Kedua aktif kan data internet. Kemudian masuk ke pengaturan atau setelan. Cari menu wifi hotspot atau hotspot selular. Biasanya ada dibagian koneksi atau bagian jaringan. Kalo di hp advan jelly bean ada di bagian nirkabel dan jaringan. Kalau hp samsung galaxy j1 ada di bagian koneksi.

  • Setelah itu pilih menu hotspot seluler. Tinggal klik nanti ada gambar seperti dibawah ini.
  • Tinggal geser kekanan tuh sampai tulisan aktif dan berwarna hijau yang gambarnya aku lingkari. Kalau sukses itu berarti hp android kalian sudah bisa menjadi wifi hotspot. Mudah saja bukan cara membuat hp android menjadi wifi hotspot.
Biarpun sudah berhasil membuat wifi hotspot tapi perlu pengaturan lebih lanjut agar kalian bisa membuat wifi hotspot itu digunakan. Pertama klik menu lainnya yang ada di pojok kanan atas. Nanti akan ada konfigurasi hotspot selular. 


Setelah itu silahkan pengaturan untuk wifi hotspot. 
  • Nama jaringan : nama yang akan muncul saat ada hp lain mencari wifi. Biasanya kalo hp samsung defaultnya namanya AndroidAP. Silahkan ganti sesuka kalian, mau tidak diganti juga tak apa-apa.
  • Sembunyikan perangkat saya. Centang jika tak ingin diri hotspot anda tak terlihat tapi jangan dicentang jika ingin perangkat lain melihat. Jangan dicentang ya.
  • Pengaman : pilih saja WPA2 PSK 
  • Kata sandi : silahkan pilih kata sandi minimal 8 huruf atau angka atau kombinasi keduanya agar kuat.

Selamat ya, kini anda sudah punya wifi hotspot sendiri. Semoga artikel cara membuat wifi hotspot di android ini bisa berguna untuk kalian yang memang perlu wifi, misalnya modem laptop rusak. Perlu diketahui bahwa wifi hotspot android ini bisa untuk sampai lima perangkat, enak bukan jadi kita tak perlu beli lagi wifi portabel untuk membuat wifi hotspot. (Baca juga Cara mengetahui sisa ram android)

Oh ya, perlu diketahui bahwa wifi hotspot android ini menggunakan paket internet di hp anda jadi pastikan kalo paket internet anda aktif. Kalo tidak ada internet nya maka biarpun wifi hotspot nya nyala tapi tak akan bisa digunakan untuk internetan. Selain itu membuat wifi hotspot ini juga lumayan memakan baterai lumayan besar. Jika ingin tahu cara menghemat baterai silahkan baca Cara menghemat baterai android yang mungkin berguna.

Comments

  1. Siips!! Kang Cumacumalau bisa buat paswordnya harus pake angka dicampur hurup besar & kecil agar nggak muda dibobol orang sandi kita.. Disaat wifi manteng... Kaya tetanggaku kang Paswordnya ngasal pas wifinya aktif kedetek sama wifi dirumah ...masuk jebakan deh aku kliks sandinya ternyata "Desah Nafas Asmara" pas aku sindir2 dia malu ... Aku suruh ganti pasword campur aduk antara hurup & angka...& gw nggak bisa bobol paswordnya lagi....😂😂

    Yaa! Bagi gw buat nambah ilmu juga kang..soal paswords wifi hospot.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ternyata kang satria memang pintar bisa jebol wifi. Ajarin suhu cara jebol password wifi janda sebelah. 😃😃😃

      Delete
  2. Ups ralat tuh... 😂😂 paling atas ... "Cuma Kalau Bisa"..😂😂

    ReplyDelete
  3. Wifi lewat handphone sering kami lakukan, berbagi dengan teman yang mungkin kehabisan data, tapi ada juga loh teman yang hobinya nebeng terus hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, tetangga sebelah aku juga gitu kadang nebeng terus. Kuotanya abis melulu katanya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara aktivasi sim card Mi Message di xiaomi

Cara mengatasi Mi Remote yang tak berfungsi

Cara sinkronisasi subtitle di MX player